Skip to main content

Bagaimana Mesin Frais Bekerja

Bagaimana Mesin Frais Bekerja




   Mesin Frais adalah alat yang dirancang untuk mesin logam, kayu, dan bahan padat lainnya. Mesin frais dapat diposisikan dalam orientasi vertikal atau horizontal untuk mengukir bahan berdasarkan desain yang sudah ada sebelumnya. Mesin Frais mampu melakukan gerakan dinamis, baik alat maupun benda kerja, dan banyak mesin frais yang dapat melakukan multi sumbu. Karena variasi dalam orientasi, operasi dan penerapan, mesin Frais memiliki berbagai fungsi dan prinsip operasi yang berbeda.

Perkakas

   Mesin Frais dapat dilengkapi dengan sejumlah alat untuk memenuhi kebutuhan pemesinan yang berbeda. Beberapa dari alat ini termasuk pahat. Beberapa mesin Frais memiliki ujung alat berputar yang dapat berubah tergantung pada pemrograman komputer-tugas yang dibutuhkan berkomunikasi dengan mesin saat mengganti perkakasnya. Perkakas yang berbeda yang digunakan pada mesin Frais didasarkan pada material dan bentuk yang diinginkan. Karena bahan seperti kayu dan baja memiliki sifat fisik yang berbeda, diperlukan sedikit perangkat untuk mengolah bahan dengan benar. Jika mesin penggilingan menggunakan sedikit alat yang tidak cukup kuat untuk baja mesin, perkakas dan bahkan mesin itu sendiri bisa rusak. Perkakas yang terlalu kuat untuk bahan yang lebih lembut bisa merusak benda kerja. Sedikit perkakas dasar pada mesin penggilingan disebut pemotong. Pemotong adalah bar berbentuk yang telah melihat gigi. Pemotong diputar cepat untuk menebang dan membentuk bahan. Pemotong dilekatkan pada punjung, yang kadang-kadang disebut mandrel atau mandril, sebuah bar berbentuk yang bervariasi dalam ukuran, panjang dan akhir, dan digunakan untuk menahan pemotong dengan kuat. Pemotretan pemotong frais bisa diberi jarak, ukuran dan orientasi dalam banyak hal. Umumnya, gigi diposisikan dalam orientasi lurus ke atas dan ke bawah, atau miring dalam orientasi heliks. Gigi lurus lebih disukai dalam operasi pada bahan yang lebih padat, sementara gigi heliks dapat membuat potongan yang sangat halus pada bahan yang lebih lembut. 

Ada berbagai pemotong dalam kategori ini, termasuk
-Pemotong ujung padat,
-Pemotong Alur T
-Pemotong sudut.
Pemotong memiliki ukuran standar yang berbeda, dengan ukuran CAT sebagai kategori standarisasi yang paling sering digunakan di Amerika Serikat.

Jenis Mesin Frais

Mesin penggilingan dikategorikan berdasarkan orientasinya pada benda kerja dan tingkat geraknya.

1.Knee-Type
   Mesin penggilingan berseman lutut menggunakan ruang kerja vertikal yang didukung oleh lutut, yang merupakan penempaan vertikal yang dapat disesuaikan. Lutut mendukung pelana dan dapat disesuaikan untuk memungkinkan ruang kerja yang dapat disesuaikan.

2.Vertikal polos dan horisontal
   Mesin Frais dengan permukaan kerja standar bisa diorientasikan secara vertikal atau horizontal. Rakitan perkakas umumnya ditempelkan pada sebuah menara dan putar, biasanya diposisikan sejajar dengan ruang kerja. Kisi dan putar memungkinkan alat bergerak bebas di sekitar benda kerja untuk menegakkan toleransi yang ketat.

3.Mesin Frais Horisontal Universal
   Mesin penggilingan horisontal universal berbeda dari tipe horizontal polos karena memiliki meja putar perumahan, yang memungkinkan meja untuk bergerak keluar 45 derajat dari posisi horisontal standar. Gerakan benda kerja ini memungkinkan pengoperasian penggilingan angular atau heliks lebih mudah.

4.Ram-Type dan Ram-Type Milling Machines
   Mesin ram-type digunakan untuk memungkinkan perkakas memposisikan dirinya pada rentang ruang yang lebih besar berkaitan dengan benda kerja. Mesin tipe ram memiliki poros pada rumahan bergerak, yang bisa bergerak dalam horisontal horizontal. Mesin penggilingan tipe ram universal mencakup perumahan putar yang meningkatkan jangkauan gerakan pemotong.

5.Mesin Pemotong Sikat Putar Ram-Type
   Dengan pemotong putar, mesin frais dapat berputar dari posisi vertikal ke posisi horisontal sepenuhnya. Worktable juga bergerak, memberi pengguna tingkat gerak dan orientasi yang sangat liberal. Banyak pemotong putar mencakup pengaturan otomatis atau pengaturan dengan tangan, meningkatkan pilihan operasi.

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Kode Pemrograman Mesin Bubut CNC

Fungsi Kode Pemrograman Mesin Bubut CNC Halo guys, kembali lagi di KODE CNC. Kali ini saya akan memberikan artikel tentang Fungsi kode pemrograman pada mesin bubut CNC. Artikel ini saya buat berdasarkan pelajaran yang pelajari disekolah Sebelum kita masuk ke fungsi kode kode pada mesin bubut CNC kita bahas dulu mengenai APA ITU MESIN BUBUT CNC ? Mesin bubut cnc adalah sebuah mesin yang bekerja dengan menggunakan kode kode pemrograman untuk mengerjakan pengerjaan membubut secara otomatis. Jadi kita hanya perlu menuliskan kode kode dan mesin akan mengerjakan sesuai kode yang telah kita tulis. Nahh untuk itu sebelum melakukan pekerjaan menggunakan mesin bubut CNC kita perlu memahami fungsi dari kode kode tersebut agar kita dapat tulis. Nahh untuk itu sebelum melakukan pekerjaan menggunakan mesin bubut CNC kita perlu memahami fungsi dari kode kode tersebut agar kita dapat mengoprasikan mesin tersebut. Lihat Juga : ▪  CNC Canggih Pembuat Poros Engkol Mobil ▪  Pro

Cara Mengkartel Pada Mesin Bubut Konvensional

Salah satu pekerjaan yang dapat dilalukan mesin bubut adalah mengkartel. Apa itu mengkartel? Mengkartel adalah pembubutan benda kerja yang bertujuan untuk membuat alur alur kecil baik belah ketupat atau lurus yang bertujuan untuk mengurangki kelicinan benda kerja atau dengan kata lain agar benda kerja tidak licin saat dipegang. Dalam mengkartel terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengkartelan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah ▪ Periksa gigi-gigi pada pahat kartel apakah ada kerusakan atau tidak. ▪siapkan air pendingin untuk menghilangkan beram-beram pada saat pengkartelan. Dalam mengkartel benda kerja harus disangga menggunakan senter putar atau menggunakan penyangga dikarenakan pada saat pengkartelan terjadi tekanan yang bisa menyebabkan benda kerja melengkung. Sebelum memulai pengkartelan anda harus memasang pahat kartel ke rumah pahat atau tool post. Langkah-langkah memasang pahat kartel ▪ Pilih pahat kartel yang masih normal

Program Kode M & G Pada Mesin CNC Frais

Program Kode M Dan G Pada Mesin Frais CNC PEMROGRAMAN KODE M PADA ( Mesin CNC Frais ) Berikut kode  M dan arti-nya pada software Fanuc SERIES Oi-  Mc.Frais NO Kode Penjelasan            1 M00 Berhenti antar program, spindle berhenti : 3 sumbu x,y,z berhenti, distart kembali setelah kembali setelah menekan “cycle start”            2 M01 Usulan program stop            3 M02 Akhir program, program berhenti, lampu alarm hidup            4 M03 Putaran spindle searah jarum jam            5 M04 Putaran spindle berlawanan arah jarum jam            6 M05 Spindle berhenti berputar tetapi kode lainnya masih jalan            7 M06 Pergantian tool otomtis dari spindle dengan tool di magazine            8 M07 Coolant (pendingin) mengeluarkan angin otomatis untuk membersihkan bram            9 M08 Coolant  ON         10 M09 Coolant OFF         11 M10 Rem ke-4 sumbu ON untuk menghentikan jalan         12 M11 Rem ke-4 sumbu